Minggu, 21 Mei 2017

Cara menghafal alquran tanpa mondok dan cepat

Baca Juga

Cara Cepat Hafal Qur'an
Cara Cepat Menghafal Alquran 

Bismillahirrahmanirrahim.

وَ لَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ

Artinya : Dan sungguh, telah kami mudahkan Al Qur'an itu untuk peringatan, maka adakah orang yang mengambil pelajran?(Q.S Al-Qamar: 17,22,32,40)

            Salam sobat, kali ini saya akan posting tentang Cara Cepat Menghafal Alquran . Muslim mana yang tidak ingin menghafal Al Qur'an , kitab suci kita yang membawa kita kejalan yang benar dan tidak tersesat dengan mengikutinya, pada awalnya dulu saya juga pada awalnya susah untuk membiasakannya , tapi sejak teman saya menyarankan dan memberi berbagai motivasi kepada saya, sayam semakin semangat dalam keinginan hafal Al Qur'an. Terlebih untuk para santri-santri, sangat membutuhkan hafalan Al Qur'an untuk bekal nanti sebagai pengganti para ulama, Menghafal ayat Al Quran itu mudah, sebagaimana yang telah disebutkan ayat tadi ,baiklah langsung saja masuk kedalam bahasan kita yaitu cara cepat hafal Qur'an

 

     1. Menghafal dengan Melihat Langsung Terjemahnya

Hal ini sangat penting untuk anda, terutama anda yang telah belajar bahasa arab, karena dengan ini anda bisa mengingat jalan ayatnya dengan menghafal kosa kata bahasa arab tersebut bersama artinya, karena itu sangat mempermudah kita dalam menghafal Al Qur'an, saya telah praktek sendiri, disamping juga saya anak pesantren, saya telah merasakan cepatnya hafal Qur'an dengan cara ini.

    

     2. Menghafal dengan Tidak Tergesa-gesa

Ini harus diperhatikan, cobalah untuk menghafal dengan tidak tergesa-gesa karena kalau tergesa-gesa nanti ayat yang telah kita hafal jadi mudah lupa, oleh karena itu ketika kita telah menghafal ayat baik 1ayat atau 2,3,4,5 dan seterusnya lebih baik diulang-ulang dahulu, supaya otak mampu menyimpannya dengan baik.

 

     3. Membuat Target Hafalan

Ini sangat penting dalam menghafal Al Quran dengan mentargetkan ayat yang kita hafal menjadikan kita terbiasa dengan menghafalnya, dulu saya pernah menargetkan 1 ayat sehari yang ketika itu saya malas untuk menghafalnya, dan setelah teman saya menceritakan cara dia menghafal Al Quran yaitunya dengan menghafal 1 halaman perhari saya terbayang jika 1 halaman perhari, yang 1 juz adalah kurang lebih 10 lembar maka dalam1 bulan bisa menghafal 1 juz dengan sisa 10 hari lagi saya lakukan murajaah/mengulang-ulang supaya tidak lupa.

 

     4. Bersungguh-Sungguh dan Bersabar dan Berdoa Kepada Allah

Kesungguhan sangat dibutuhkan dalam menghafal Al Quran dan juga harus bersabar dalam menghafal dan semuanya harus disertai doa kepada Allah karena tanpa izin Allah tidak akan bisa terjadi

Cukup sekian postingan saya kali ini, mohon maaf jika postingan kali ini banyak mengenai pengalaman saya, karena saya dulu juga susah dalam bidang menghafal Al Quran.

 

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara menghafal alquran tanpa mondok dan cepat
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

3 komentar

Tulis komentar
avatar
21 Mei 2017 pukul 10.45

MASYAALLAH MANTAP GAN!!!

Reply
avatar
21 Mei 2017 pukul 15.29

mantap gan. pernah nyari tutorial kayak gini, mantap deh

Reply
avatar
21 Mei 2017 pukul 21.30

Menghafal dengan target lebih jos

Reply